bahan konstruksi bangunan

Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Jenis Bambu Untuk Bahan Konstruksi Bangunan

Bambu telah menjadi salah satu bahan bangunan yang sudah lama digunakan oleh orang Indonesia, selain kayu dan baja. Walaupun kayu dan baja lebih sering ditemukan sebagai bahan untuk membangun bangunan, tetapi bambu bisa didaur ulang.


Karena bersifat elastis dan tidak mudah pecah, penggunaan bambu sebagai bahan konstruksi bangunan biasanya dimanfaatkan untuk rangka atap, bekisting, lantai rumah, pintu rumah, plafon, atau bahkan sebagai pengganti baja untuk membuat tulang beton.


Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis bambu bisa dijadikan sebagai bahan bangunan, lho. Ada kriteria dan karakteristik tersendiri pada jenis bambu yang bisa dijadikan bahan konstruksi bangunan. Berikut ini ada lima jenis bambu yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membangun.

Bambu Hitam

Bambu ini memiliki rumpun yang tidak rapat, dan warna kulit batang yang bermacam-macam, ada yang hijau kehitaman, hitam, ungu tua, atau bergaris kuning muda. Bambu jenis ini dapat tumbuh dengan panjang mencapai sekitar 20 meter dengan diameternya sampai 14 cm.
Karena bambu hitam memiliki tingkat elastisitas yang baik, dalam konstruksi bangunan sering digunakan untuk tiang rusuk bangunan, pagar, dan dinding di dalam ruangan atau pun di luar ruangan, dan biasa juga digunakan untuk membuat berbagai macam furniture kecil yang tidak memerlukan menahan beban berat atau mebel karena tahan terhadap hama.

Bambu Petung

Dibandingkan dengan jenis bambu lain, bambu petung memiliki diameter yang lebih besar, yaitu mencapai sekitar 14-20 cm dan tinggi 25 meter. Kelebihan bambu ini adalah memiliki dinding yang tebal, yaitu antara 10-15 cm. Bambu petung terbagi lagi menjadi dua jenis yang disesuaikan dengan warna kulit batangnya, yaitu bambu petung hijau dan hitam.


Jenis bambu ini dalam bahan konstruksi bangunan biasanya dipakai untuk elemen tekan berbentuk kolom karena mempunyai kemampuan untuk menahan tekuk yang tinggi, tiang pancang untuk memasang pondasi, pengecoran, reng dan rusuk atap.

Bambu Apus

Merupakan bambu sebagai bahan konstruksi bangunan yang paling sering digunakan untuk material bangunan, karena memiliki struktur yang kuat, cukup stabil, dan kokoh serta bentuknya yang lurus dan bersifat liat, sehingga jika menggunakan bambu apus sebagai struktur bangunan akan menghasilkan bangunan yang kuat. Selain itu, karena fleksibel dan punya elastisitas yang baik, bambu ini juga dimanfaatkan sebagai material pembentuk rumah.
Bambu apus biasa disebut pring apus atau bambu batu, dan memiliki diameter 4-10 cm dan tingginya yang mencapai 20 meter, dari segi ukuran memang agak lebih kecil dibandingkan bambu lain, namun ukuran ruas yang dimiliki bambu ini adalah yang paling panjang, dan ketebalan dagingnya adalah 6-13 cm.

Bambu Andong

Bambu ini memiliki nama lain bambu gombong, yang ukuran ketinggiannya bisa mencapai 7-30 meter dengan diameter sekitar 10-12 cm, dan memiliki batang yang berbulu tebal serta tebal dinding batangnya mencapai hingga 2 cm. Warna kulit batangnya biasanya hijau, hijau kekuningan, atau hijau muda.


Dalam pembuatan bangunan, bambu ini sering digunakan untuk membuat kuda-kuda, namun tak jarang juga yang menggunakannya untuk membuat konstruksi. Tapi perlu digarisbawahi, jika menggunakan bambu andong untuk membuat konstruksi, hanya bisa diaplikasikan pada bangunan rumah, karena ukuran bambu yang lebih kecil.

Bambu Legi

Bambu ini memiliki ukuran panjang mencapai 26 meter dengan ukuran diameternya sekitar 10 cm saja. Sedangkan dindingnya atau dagingnya memiliki ukuran tebal 6 sampai 26 milimeter, dan bambu ini cocok tumbuh di tempat yang berada di sekitar 0-700 meter di atas permukaan laut.


Bambu legi dalam bahan konstruksi bangunan lebih sering digunakan untuk membuat blandar atau gording, namun tak sedikit juga yang memakai jenis bambu ini untuk membuat ornamen interior, seperti penyekat ruang atau biasa disebut partisi dan sebagainya.


Itu dia lima jenis bambu yang cocok untuk bahan konstruksi bangunan. Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa setiap jenis bambu memiliki manfaat yang menjadikan bambu sebagai bahan konstruksi bangunan yang kuat dan juga awet. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Pabrik Paving Block Atau Conblock

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Pabrik paving block conblock bekasi 2021
Product
centralblockid

Pabrik Paving Block Atau Conblock

Central Concrete Indonesia merupakan pabrik paving block yang sudah berdiri selama 15 tahun. Semua produknya terbuat dari bahan berkualitas seperti, semen, air, serta agregat pasir

Read More »
paving block bogor
Product
centralblockid

Harga Paving Block Bogor Terbaru

Sekarang kebutuhan paving block Bogor berkualitas tinggi semakin tinggi. Hal ini seiring dengan berkembangnya pembangunan properti di dalam negeri. Baik itu skala besar maupun kebutuhan

Read More »

CONTACT

Jl.Raya Buwek Monas no.19
Kel. Sumberjaya, Kec. Tambun Selatan
Kota Bekasi, Jawa barat

error: Konten ini diproteksi !!! (Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta)